Manfaat Cabai Yang Jarang Diketahui

Manfaat Cabai Yang Jarang Diketahui 




Cabai adalah buah yang dapat digolongkan sebagai sayuran dan bumbu, tergantung dari bagaimana penggunaan cabai ini.

Sebagai bumbu, buah cabai yang pedas sangat popular di asia tenggara sebagai penguat rasa makanan. Pada umum nya cabai berwarna merah menyala atau hijau tua. Dan selain itu  beberapa zat lain dalam daun cabai yang tak kalah baik untuk kebugaran adalah flavonoid , vitamin A,B, C, alkaloid, potassium, kalsium, dan juga zat besi.
Jika buah cabai dibelah, maka akan ditemukan tangkai putih yang mengandung zat capsaicin. Zat inilah yang menyumbangkan rasa pedas dan panas di lidah ketika kita mengkonsumsi nya. Pada cabai, zat ini juga lah yang membuat orang ketagihan saat menyantap makanan. Tanaman yang satu ini terbilang memiliki banyak khasiat yang tidak perlu untuk anda ragukan lagi.


Manfaat Cabai Yang Jarang Diketahui


Kini, daun cabai telah diolah menjadi wujud krim yang bermanfaat  untuk menanggulangi radang sendi dan iritasi kulit. Daun cabai bisa digunakan untuk menanggulangi infeksi jamur. Dan cabai pun dinilai mampu untuk membakar lemak lebih cepat, sehingga penurunan berat badan nya pun semakin cepat.
Benang putih tempat biji menempel pada cabai merah mengandung zat capcaisin yang bermanfaat untuk mengobati penyakit kulit.

Berikut ini adalah manfaat cabai merah yang perlu anda ketahui :

1.       Mengatasi Rematik.
Untuk mengatasi rematik dengan cabai caranya adalah sediakan sekitar 10 gram cabai merah kering lalu tumbuk hingga halus kemudian seduh dengan setengah  gelas air panas. Terakhir oleskan campuran ini ke bagian yang sakit rematik.
2.       Mengatasi Kutil.
Untuk mengatasi penyakit kutil anda bisa langsung mengoleskan capcaisin pada kutil.
3.       Mengatasi Luka.
Oleskan beberapa daun cabai merah dengan minyak kelapa lalu panaskan sebentar di atas kompor. Jika sudah, selanjutnya tempelkan daun tersebut ke bagian tubuh anda yang terkena luka.
Manfaat Cabai Rawit

Cabai rawit mengandung minyak atrisi yang bersifat antibakteri. Benang putih tempat biji menempel juga mengandung zat capsantin dan capcaisin yang bersifat panas untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Berikut ini adalah manfaat cabai rawit yang perlu anda ketahui juga :

1.       Mengatasi Eksim.
Tumbuk 5 sampai 7 daun cabai rawit, pinang muda, dan juga 5 lembar daun sirih. Selanjutnya bungkus dengan kain kasa. Lalu rebus bungkusan tersebut dengan 1 gelas air hingga mendidih. Terakhir angkat kain kasa lalu tempelkan ke bagian yang gatal. Dengan demikian gatal-gatal anda dapat hilang.

2.       Rematik.
Seduh 10 gram serbuk cabai rawit kering dengan ½ gelas air panas. Lalu aduk dan balurkan ke tempat yang sakit. Anda bisa juga menumbuk beberapa buah cabai rawit dicampur dengan air jeruk nipis  dan kapur sirih. Lalu, anda dapat oleskan ramuan ke bagian yang sakit rematik.

3.       Sakit Perut.
Siapa bilang cabai buat anda sakit perut? Jika karena pedasnya mungkin anda benar, tapi dari cabainya sendiri justru malah kebalikannya. Dengan cabai rawit ini anda dapat menggunakannua sebagai obat untuk mengatasi sakit perut anda. Caranya cukup haluskan daun cabai rawit muda kemudian campur dengan sedikit kapur sirih, lalu oleskan ke perut. Tunggulah sampai efeknya bereaksi, maka sakit perut pun hilang.


4.       Peningkatan Metabolisme Tubuh.
Cabai juga bisa dinilai sebagai salah satu makanan yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh dengan menciptakan suhu pada bagian tubuh. Karna setelah mengkonsumsi cabai  biasa nya suhu tubuh menjadi naik dan mereka menjadi sedikit kepanasan. Saat suhu tubuh mulai mengalami peningkatan maka metabolisme tubuh juga akan meningkat secara otomatis.

5.       Cabai Bisa Membantu Untuk Melancarkan Sistem Pencernaan.
Manfaat selanjutnya dari cabai adalah bisa mengatasi jika ada masalah pada pencernaan. Cabai rawit akan membantu stimulasi pada sistem pencernaan serta membantu meningkatkan asam lambung dan produksi enzim.


Nah, itulah manfaat-manfaat cabai yang jarang diketahui oleh orang. Jika anda sudah baca ini, maka itu artinya anda selangkah lebih maju dari orang-orang di sekitar anda. Jika anda sudah maju, maka jangan lupa terapkan manfaat cabai ini dalam kehidupan sehari-hari anda ya. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk anda.

0 Response to "Manfaat Cabai Yang Jarang Diketahui"

Posting Komentar